JAKARTA – Sebentar bulan Ramadan akan tiba. Bulan suci itu selalu dinanti-nanti masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, biasanya masyarakat juga menanti-nanti bonus dan tunjangan hari raya (THR).

Bagi pegawai baru pasti menginginkan memiliki rumah. Nah bonus dan THR sebenarnya bisa digunakan untuk membayar uang muka atau DP rumah. Namun sayangnya tabiat masyarakat selalu berfoya-foya saat merayakan hari kewenangan. Lalu bagaiman menyiasatinya?

Perencana Keuangan MRE Andy Nugroho mengatakan, jika ingin menggunakan THR untuk DP yang harus memahami terlebih dahulu bahwa memiliki rumah dan merayakan Lebaran keduanya kebutuhan yang besar. Kalau THR, gaji dan bonus yang diterima cukup besar tentu kebutuhan tersebut bisa lebih ringan.

“Tapi kalau jumlahnya terbatas, maka mau tidak mau harus ada yang dikorbankan salah satu, agar bisa terpenuhi salah satunya,” tuturnya saat dihubungi Okezone.

Andy mengatakan, jika keinginan untuk memiliki rumah sangat besar, maka Anda harus berkorban agar berlebaran tidak semeriah biasanya. Rumah merupakan kebutuhan utama, tentu bagi yang belum memiliki rumah harus mendahulukannya terlebih dahulu.

“Kalau saya di kondisi itu, saya lebih memilih rumah. Alasannya penawaran rumah dengan harga yang cocok, lokasi dan dengan kantong kita, bisa jadi tidak selalu ada, jadi mumpung ada kesempatan kita ambil,” imbuhnya.

Andy menyarankan bagi karyawan dengan range gaji Rp5-8 juta perbulan maka sebaiknya memilih rumah dengan range harga Rp200-300 juta agar mendapat DP yang sesuai. Kalau bisa untuk mengambil DP 60 persen agar dapat cicilan yang lebih ribgan

Namun bisa saja THR, bonus plus gaji yang didapat bisa saja belum bisa memenuhi persyaratan DP.

“Kalau buat saya jangan terlalu menggunakan THR atau bonus sebagai patokan. Karena kan datangnya bisa jadi hanya setahun sekali. Tapi yang lebih penting gajinya karena diterima lebih sering. Bila disisihkan 10 persen dari gaji saja berarti sudah ada Rp700 ribu sampai Rp1 juta untuk cicilan rumah per bulan. Bila cicilan per bulannya terlalu besar akan merepotkan mereka sendiri,” pungkasnya.

property.okezone.com